Jumat, 03 Mei 2013

POSTING 7


Judul              :REFISI JURNAL “PERANAN PESAING ASING DALAM PERSAINGAN PADA PASAR INDUSTRI MANUFAKTUR DOMESTIK”
Pengarang      :DIANA YOSEVA
Sumber           : JURNAL PERSAINGAN USAHA KPPU RI

2. Analisis Regregasi Industri Pengolahan Indonesia
Pola hubugan yang deskriptif antara struktur dan kinerja yang dihasilkan tidak terlihat secra pasti, diaman suatu observasi terdapat suatu kondisi yang menunjukan sesuatu yang sesuai dengan teori namun di observasi lain mungkin langkash itu sudah tidak berlaku lagi. Dibutuhkan metodde ekonometrika untuk menyelesaikan permasalah tersebut. Untuk memeberikan gambaran mengenai hubungan antara struktur dan kinerja kerja pengolahan di indonesia.
2.1 PENGUJIAN EKOMETRI
Menggunakan Panel Fixed Effect dengan dependen variabel PCM.
2.2.1 ANALISIS STATISTIK
Pada hasil regregasi keseluruhan diperoleh variael CR4, MES, OPEN, LABPROD pada tingkat yang signifikan. Menurut prediksi aliran SCP dengan semakin meningkatnya MES maka semakin terkonsentrasi suatu pasar dan akan mendorong perusahaan yang menguasai pasar melakukan tacit collusion demi meperoleh tingkat keuntungan yang lebih tinggi.
2.2.2 ANALISA INDUSTRI BARANG KONSUMSI DAN INDUSTRI BARANG PRODUKSI
Pada bab ini akan membahas tentang industri manufaktur , yang dikelompokan menjadi dua, yaitu: kelompok industri penghasil barang produksi dan barang konsumsi. Adanya deferensiasi diprediksi akan mempengaruhi tingkat keuntungan dimana barang konsumsi yang lebih terdeferensiasi akan memiliki tingkt keuntungan yang lebih besar dari pada barang produksi.
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
1.      KESIMPULAN
Aliran SCP meyatakn struktur pasar akan mempengaruhi kinerja pasar. Adanya konsentrasi oasar akan mempengaruhi besarnya keuntungan yang ingin diambil oleh konsumen. Adanya hubungan postif antara tingkat konsentrasi dengan tingkat keuntungan.  Yang mengutamakan barang produsen yang merupakan barang homogen dimana tingkat diferensiasi produknya rendah. Adanya keterbukaan ekonomi ternyata dapat membuat produsen domestik menurunkan tingkaat profitnya yang akan lebih terasa bagi barang produsen. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa persaingan dengan pesaing asing harus diperhitungkan jika ingin membicarakan mengenai persaingan yang terjadi terkait dengan suatu product tertentu.

2.      Saran
KPPU yang dipercaya sebagai lembaga untuk mengawasi persaingan usaha akan menghadapi berbagai masalah. Seperti badan pengawas di negara lain, dimana mereka harus melakukan analisa mengenai suatu produc yyang bersangkutan. Nantinya dalam analisa tersebut tak ada salahnyauntuk mempehitungkan keberdaan pesaing asing di dalam pasar domestik dan adanya barang keluar-masuk ke dalam wilayah domestik juga diperhitungkan dan mejadi pertimbangan daalam mennetukan definisi pasar.
NAMA           : NUR SULISTYANI
KELAS          : 2EB08
NPM               : 2521137

Tidak ada komentar:

Posting Komentar