Jumat, 03 Mei 2013

POSTING 6

Judul              :REFISI JURNAL “PERANAN PESAING ASING DALAM PERSAINGAN PADA PASAR INDUSTRI MANUFAKTUR DOMESTIK”
Pengarang      :DIANA YOSEVA
Sumber           : JURNAL PERSAINGAN USAHA KPPU RI

III. PEMBAHASAN
1.      ANALISIS DESKRIPTIF INDUSTRI PENGELOLAN INDONESIA
1.1  TINGKAT KONSENTRASI
Di dunia industri konsentrasi banyak sekali sering mendapat sorotan. Dalam ilmu ekonomi dikenal teori SCP yang menyatakan bahwa konsentrasi ini akan mempengaruhi kinerja dan industri tersebut. Pada pasar yang terkinsentrasi akan memudahkan perusahaan untuk mengunakan market powernya untuk mendapat keuntungan yang besar.  Tingkat konsentrasi di Indonesia pun cukup tinggi (menurut  Bain >70%). Jika industri dipisahkan berdasarkan diferensiasinya maka terlihat bahwa rata-rata industri barang konsumen memiliki tingkat konsentrasi yang lebih rendah dari pada rata-rata barang produksi.
1.2  TINGKAT KEUNTUNGAN
Menurut aliran SCP tingkat konsentrasi yang tinggi akan juga diikuti oleh tingkat keuntungan yang tinggi. Dan penurunan tigkat rasio konsentrasi dari suaatu industri akan diikuti dengan penurunan dari rata-rata tingkt keuntungan.
1.3  TINGKAT HAMBATAN MASUK
Dalam teori SCP juga dikatakan semakin meningkatnya hambatan untuk masuk ke dalam suatu pasar maka tingkat keuntungan dari suatu industri tersebut akan mengalami peningkatan pula.
1.4  TINGKAT KETERBUKAAN PERDAGANGAN
Dampak dari persaingandengan perusahaan asing terhadap kinerja perusahaan pertama kali dikemukakakan oleh Emposito. Sejak saat itu penelitian empiris berbagai negara juga memasukan variabel perdagangan luar negeri kedalam persamaan kinerja. Semakin meningkatnya persaingan akibbat semakin terbukanya perekonomian akan membuat perusahaan tidak lagi dapat menikmati profit berlebih. Dan akan mendorong perusahaan akan menurunkan tingkat keuntungan menjadi normal profit yang pada akhrnya daapat menguntukan konsumennya.
1.5  HUBUNGAN RERATA PCM DENGAN TINGKAT DIFERENSIASI PRODUCT
Dalam aliran SCP diprediksi bahwa tingkat diferensiasi produc juga memiliki pengarauh terhadap PCM. Industri yang memiliki tingkat deferensiasi tinggi cenderung memiliki tingkat keuntungan(PCM)yang tinggi juga. Disebabkan industri yang memiliki hambatan masuk pasar lebih besar maka perusahaan incumbent akan menaikan tingkat harga diataas marginal tanpa perlu ada rasa takut. Salah satu hambatan yang sering dijumpai adalah deferensiasi product yang tinggi, dimana dibutuhkan biaya promosi yang cukup tinggi untuk potensial agar productnya dapat dikenal dipasaran.
NAMA     : NUR SULISTYANI
KELAS    : 2EB08
NPM         : 25211327

Tidak ada komentar:

Posting Komentar