Rabu, 16 Oktober 2013

BOROBUDUR

Borobudur
Borobudur merupakan sebuah situs sejarah yang terletak di Indonesia. Dan sempat menjadi salah satu 7 keajaiban dunia. Candi ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.
Fasilitas yang ada di Candi Borobudur seperti:
8.      Bukit Dagi yang bisa dijadikan sebagai wahana outbond
9.      Mengunakan Kain Sarung yang sering disebut Sarungnisasi
10.  Diberikan pengalaman untuk megetahui lingkungan desa
Wahana yang ada di candi borobudur seperti:
1.      Atraksi gajah yang juga bisa disewa oleh para pengunjung
2.      Kereta taman Candi Borobudur
3.      Wahana bermain anak
Harga tiket untuk masuk ke Borobudur:
1.      Wisatawan Umum Nusantara                         :Rp.30.000
2.      Wisatawan Umum nusantara <6 tahun           :Rp.12.500
3.      Wisatawan Umum Mancanegara                    :Rp.190.000
4.      Wisatawan Umum Mancanegara < 6thun       :Rp.95.000

Diatas adalah sekilas info tentang Candi borobudur. Sekarang saya yang akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya jalan-jalan di kawasan Candi borobudur.
Sebenarnya kampung halaman saya terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Tapi saat itu saya memiliki rencana ingin datang ke Candi Borobudur. Dan akhirnya saya pun berangkat ke Candi Borobudur dengan salah satu saudara saya, saya jalan berdua dengannya.
Saya berangkat dari rumah jam 07.00 pagi. Saya naik kendaraan umum agar lebih asik. Pertama saya naik motor menuju tempat pangkalan bus A agar kami bisa ke terminal kota. Ssampainya diterminal kota dengan bus A saya pindah mencari bus yang jurusan Jogjakarta, dari Solo ke Jogjakarta perjalan yang saya tempuh kurang lebih 2 jam. Saya di bus itu sampai tertidur lelap, dan banyak sekali pengamen jalanan yang memasuki bus itu yaa maklum saja bus umum. Lalu sesampainya dikota Jogjakarta dan saya pun turun di terminal kota saya pun pindah ke bus jurusan Magelang. Di perjalanan saya menghabiskan waktu kira-kira 1 jam. Perjalanan sangat seru sekali karena pemandangan yang indah dan saya pun melihat bekas lahar dingin. Sisa-sisa bekas letusan gunung merapi yang meletus kira-kira tahun 2011 lalu. Dan melihat salah satu sungai yang isinya bekas lelehan gunung merapi dan melihat sisa bagaimana ganasnya lahar dingin menghantam desa tersebut. Dengan membayangkannya saja saya sudah merinding. Apalagi jika saya yang merasakan. Ya allah...
Tidak terasa perjalanan saya pun sudah saya lewati selama hampir 4 jam dari Solo ke Candi Borobudur. Tapi perjuangan saya pun belum habis, saya mesti naik ke puncak Candi. Itu rasanya sangat amat membutuhkan energi untuk mencapai puncak. Tapi saya tidak mau kehilangan moment saya memutuskan tidak naik delman tapi saya jalan kaki ke puncak Candi. Saya membeli tiket lalu saya masuk ke dalam candi. Luar biasa ciptaan Tuhan..Indonesia Memang Indah Kawan. Saya melihat semua keindahan kota Jogjakarta dengan luasnya, dengan pohon-pohon, bukit-bukit, dan pemandangan lainnya. Semua rasa lelah, letih, lunglai, lesu yang saya rasakan hilang sekejap. Saya sangat senang sekali. Dan saya pun dipinjami sarung batik yang harus dan wajib dikenakan oleh para semua pengunjung. Saya akhirnya  memakai sarung itu. Saya berfoto-foto di dalam candi. Saya mengelilingi semua sisi candi. Tapi sayang sungguh sayang hujan pun turun. Akhirnya saya turun kebawah dan mengakhiri semua petualangan saya itu. Hampir 2 jam saya menjelajah Candi Borobudur. Saya juga kecewa karna saya tidak bisa memasuki wahana-wahana yang disediakan disana. Tapi saya masih tetap bisa mampir ke pasarnya. Yang menjual banyak souvernir disana. Saya membeli gantugan kunci, tas, baju, dompet. Itu semua sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman saya dikampus. Karna harganya cukup miring jadi saya membelikan oleh-oleh. Sudah hampir 1 jam saya mengelilingi pasar tersebut akhirnya saya pun pulang. Kaki saya sudah terasa sangat linu. Tapi saya juga ga mau memakai fasilitas andong. Karna saya sudah pernah merasakan naik andong. Jadi saya jalan kaki menuju bawah. Sambil ngeliat-liat barang dagangan yang dijual oleh pedagag disana. Saya pulang juga sama seperti saya berangkat. Saya naik bus 3 kali naik bus. Dan sesampainya di Solo dengan menempuh perjalanan 4 jam yang lebih lama dibandingkan dengan berangkatnya. Saya pun sampai dirumah saya langsung mandi dan istirahat.
Inilah cerita singkat saya tentang pengalaman saya ke Candi Borobudur. Terimakasih yaaa....

Sesi Wawancara Sesama Pengunjung.
Saya                : bagaimana perasaan anda mengunjungi Candi Borobudur?
Pengunjung     : Emmm.. perasaan saya senang dan bangga sekali. Karena Indonesia beruntung memiliki peninggalan sejarah dan sekarang menjadi tempat wisata yang sering sekali dikunjungi oleh wisatawan asing.
Saya                : sudah berapa kali anda mengunjungi Candi Borobudur ini?
Pengunjung     : saya baru pertama kali mengunjungi tempat wisata ini. Dan saya sangat takjub.
Saya                : kesan pertama kali anda mengunjungi Candi borobudur ini apa?
Pengunjung     : “waaaahhhhh” itu tidak bisa di ceritakan. Sangat menajubkan karena Indonesia Itu Indah Kawan.
Saya                : oh begitu ya. Yasudah terimakasih ya
Pengunjung     : iya, sama-sama.