Kamis, 18 Oktober 2012

Andai Aku Menjadi Menteri Koperasi

Andai aku menjadi menteri koperasi
            Untuk membicarakan tentang koperasi di Indonesia jujur saya tidak terlalu paham dengan hal itu. Karena saya tidak terlalu mengikuti perkembangan koperasi di Indonesia. Tapi saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah tulisan yang berjudul “Andai Aku Menjadi menteri Koperasi”. Meski  saya hanya mengetahui sedikit tentang koperasi di Indonesia.
            Jika suatu saat nanti saya menjadi menteri koperasi di Indonesia dan saya terpilih menjadi menteri koperasi untuk indonesia. Pertama yang saya akan lakukan adalah saya akan mempelajari terlebih dahulu hal kecil tentang koperasi. Misalkan apa visi dan misi koperasi, apa saja bentuk koperasi di indonesia itu, apa manfaat koperasi dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia koperasi. Saya akan mempelajari lebih dalam tentang semua itu. Saya akan berusaha mengubah paradigma masyarakat tentang kperasi, selama ini masyarakat hanya menganggap koperasi suaatu lembaga yang kurang penting dan akhirnya diabaikan begitu saja.  Masyarakat saat ini akhirnya lebih cenderung ke bank daripada koperasi. Lalu saya akan  mempelajari langsung ke lokasinya saya akan terjun langsung di lapangan. Bukan saja hanya duduk manis di ruang kerja tapi saya akan melihat  langsung di lapangan apa yang terjadi di sana, proses apa yang harus saya lakukan untuk kemajuan koperasi itu sendiri. Setelah saya tahu apa yang terjadi dilapangan saya akan membuat revolusi untuk perkembangan koperasi.
            Saya akan menjelaskan sejarah singkat tentang koperasi. Koperasi muncul bukan dari kalangan kelas atas melainkan kalangan rakyat bawah. Mereka secara spontan mempersatukan diri untuk membentuk suatu persatuan untuk membentuk koperasi. Yang dilatarbelakangi oleh penghidupan yang terbatas dan ekonomi yang rendah. Dan mereka langsung membentuk sebuah  badan  untuk membantu dirinya sendiri dan sesamanya untuk meringankan  penderitaan mereka dalam kehidupan mereka.
            Sekitar tahun 1896 aada seorang patih yang bernama Patih R.Aria Wiria Atmaja dari purwokerto. Beliau mendirikan sebuah bank untuk pegawai negeri. Tujuan patih ini mendirikan sebuah bank karena untuk menolong para rakyat yang terlilt hutang dengan bunga yang sangat besar.
            Dan sekarang saya akan mejelaskan arti lambang dari koperasi itu sendiri. Karena saya yakin sekarang banyak masyarakat yang tak mengerti dengan lambang dari koperasi itu sendiri. Diantaranya adalah:
1.      Gerigi roda atau gigi roda
Upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Hanya orang yang pekerja keras yang bisa menjadi anggota.
2.      Rantai yang berada disebelah kiri
Melambangkan ikatan kekeluargaan dan persahabatan yang kokoh.
3.      Kapas dan padi yang berada di sebelah kanan
Kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan rakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi. Kapas adalah bahan pokok untuk membuat sandang sedangkan padi adalah bahan pokok pangan untuk masyarakat indonesia.
4.      Timbangan
Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi dan sebagai simbol hukum. Supaya tercipta keadilan yang seimbang.

5.      Bintang dalam perisai
Periasi yang dimaksud adalah pancasila. Bahwa anggota koperasi harus mengindahkan nilai-nilai keyakinan dan kepercayaan .
6.      Pohon Beringin
Adalah sebuah simbol kehidupan masyarakat yang harus menjunjung tinggi nilai kehidupan.
7.      Koperasi indonesia
Koperasi rakyat indonesia , bukan koperasi negara lain. Yang harus memiliki nilai-nilai sendiri.
8.      Warna merah putih
Menjadi background logo yang melambangkan sifat nasional indonesia.

Setelah saya menjelaskan tentang logo diatas. Saya pun berfikir bagaimana sempurnanya lambang dari logo tersebut. Dari hal yang terkecil pun dimasukan ke dalam arti lambang tersebut. Mulai dari diri sendiri, keluarga dan sampai dengan seluruh masyarakat indonesia. Karena sisitem koperasi indonesia itu dasarnya adalah dari rakyat untuk rakyat. Di dalam keanggotaan koperasi pun mengandalkan sisitem kesukarelaan dari masing-masing aggotanya itu sendiri. Jadi para anggota tidak memiliki hasil yang tetap untuk penghasilan mereka. Pendapatan akan dibagi kepada seluruh anggota yang ada.
Cukup saya menjelaskan sedikit tentang koperasi yang ada di indonesia. Sekarang saatnya saya membicarakan “seandainya saya menjadi menteri koperasi” . Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jika saya menjadi menteri koperasi saya akan membuat perubahan perubahan yang signifikan. Dan yang saya jelaskan diatas saya akan terjun langsung ke dalam masyarakat , seperti contohnya saya akan menelangah ke desa-desa yang masih sangat kental dengan sistem koperasi. Saya akan menanyakan bagaimana keadaan koperasi dan sistem apa yang dijalankan di koperasi tersebut karena disetiap koperasi sistem yang dijalankan pasti berbeda-beda. Dan apa saja yang bisa dihasilkan di koperasi itu. Atau kalau bisa saya akan mengajak atau membentuk suatu organisasi di desa tersebut untuk memanfaatkan sumber daya manusia untuk menghasilkan  produk yang dapat menghasilkan nilai jual. Seperti para ibu –ibu petani yang sudah selesai berladang mereka langsung membuat suatu kerajinan tangan. Dan hasil dari penjualannya akan dibagi bagi dengan seluruh anggota yang terlibat. Dari contoh kecil seperti ini lalu saya akan melakukan perubahan besar. Seperti memberikan bantuan kepadaa koperasi-koperasi yang mau berusaha memajukan koperasi itu sendiri. Baik untuk dibidang sosial atau pendidikan.
Dan saya juga akan merubah sistem koperasi yang ada dalam kurung waktu yang telah ditentukan atau paling tidak dalam kurun waktu 5 tahun. Dibawah ini adalah cara saya atau tahap yang akan saya jalani untuk mewujudkan koperasi yang baik, jujur dan berguna dan bermatabat bukan saja hanya di indonesia tapi di dunia internasional.
 Pertama yang harus saya lakukan. Saya akan merubah  sistem koperasi menjadi lebih tegas lagi. Yang sudah-sudah terjadi saat ini jika di koperasi ada suatu masalah tidak diselesaikan malah hanya menjadi seebuah bangkai saja. Seharusnya semua masalah harus diselesaikan sampai ditemukan titik permasalahnnya dan diselesaikan secara damai sesuai dengan simbol dari koperasi sendiri. Dan saya juga harus mendetail semua anggota koperasi yang bersifat jujur, karena dalam keanggotaan koperasi pasti ada dana yang harus dikeluarkan. Dan itu diperlukan seorang yang bisa memegang tanggung jawab itu dengan bersih tanpa harus adanya korupsi karena korupsi bisa terjadi dimana-mana.
Kedua saya akan menambah APBN untuk koperasi-koperasi yang ada di indonesia. Dan saya akan mengrekrut pegawai pegawai yang mengerti dibidang ini. Saya akan menambah sumber daya manusia sekaligus saya membuka lapangan kerja untuk masyrakat yang membutruhkan  pekerjaan. Seperti saya akan membuka lowongan kerja untuk PNS. Dengan syarat  yang telah ditentukan seperti sarjana(S1), sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun. Agar pegawai yang saya rekrut bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat merubah  koperasi menjadi lebih baik lagi secara perlahan-lahan.
Ketiga saya akan mengadakan workshop atau latihan kerja untuk karyawan supaya mereka dapat bekerja lebih intensif. Seperti karyawan bisa mendapatkan dana sendiri dari donatur-donatur atau investor yang ingin menanamkan modalnya di koperasi tersebut.
Keempat saya akan membuat peraturan-peraturan baru yang cukup tegas agar semua anggota takut dan patuh pada peraturan yang berlaku. Ini saya lakukan semata-mata hanya untuk memajukan tingkat keberhasilan program saya.
Kelima saya akan merangkul semua kalangan yang berhubungan dengan dunia koperasi supaya dapat membantu saya dalam menjalankan tugas demi memajukan koperasi.
Ya itu adalah sebagian ara-cara saya dalam  mengusahakan memajukan dunia koperasi indonesia. Saya akan bertanggung jawab atas semua yang telah saya janjikan. Mulai dari pertimbangan-pertimbangan dan memasuki dunia kerja sesugguhnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar